Cara membuat server di hetzner cloud, Ada bonus € 20 GRATIS untuk memulai.

Bagi yang belum memiliki akun, bisa membuatnya secara gratis melalui link https://lihat.info/hetzner
jika tidak melalui link diatas tidak akan mendapatkan bonus €20 (bonus didapatkan setelah memverifikasikan akun, baik mengkoneksikannya dengan CC (credit card) juga dengan melakukan KYC terlebih dahulu).

Setelah melakukan pendaftaran, pastikan anda sudah berada pada menu console hetzner cloud. https://console.hetzner.cloud/projects.

halaman project

Buat project baru dengan cara klik “New Project” dan tuliskan sebuah nama project. Bebas mau ditulis nama project apapun. kemudian klik pada project tersebut untuk masuk ke menu server.

halaman server

Klik pada “ADD Server” untuk membuat/mengorder server baru, lalu lakukan pengaturan server baru sesuai yang anda inginkan.

halaman pembuatan server

Nomor 1: Pilih lokasi server yang anda inginkan.
Nomor 2: Pilih OS yang ingin digunakan.
Nomor 3: Pilih Tipe Server yang akan digunakan, ada penjelasan mengenai perbedaan tipe server di bawah nama tipe server tersebut. Kemudian pilih juga ukuran server yang anda inginkan. Ukuran terkecil server yang dapat dipilih adalah 1 vCPU, 2Gb Ram, 20Gb SSD, 20Tb Bandwidth dengan harga €2.49 / bulannya.
Nomor 4: Create Volume (Opsional), hanya jika anda menginginkan drive tambahan untuk menyimpan data.
Nomor 5: Create Network (Opsional), hanya jika anda ingin mengkoneksikan lebih dari 1 server pada jaringan yang sama.
Nomor 6: Additional features (Opsional), hanya jika anda ingin melakukan pengaturan user secara khusus dan menambahkan Backup otomatis pada server anda (Dengan biaya tambahan).
Nomor 7: SSH Keys (Opsional), hanya jika anda ingin membuat koneksi ke server anda lebih aman, anda bisa membuat SSH Key disini.
Nomot 8: Nama Server yang wajib diisi.

Jika dirasa sudah siap, anda bisa Create & Buy Now agar sistem hetzner mulai menyiapkan servernya untuk anda. Billing / Tagihan hetzner adalah per jam, jadi jika anda hanya menggunakan servernya untuk keperluan testing selama 2 jam, maka anda cukup membayar 2 jam saja, tidak membayar penuh 1 bulan. which good, right? :)

Jika sudah selesai, akan muncul tampilan seperti ini:

halaman server

Tunggu sekitar beberapa menit sebelum mulai menggunakan server yang baru saja dibuat, hal ini dikarenakan OS yang sudah diinstall masih dalam tahap melakukan pengaturan awal. Setelah server siap, anda bisa mulai mengakses server anda menggunakan IP yang sudah tertera pada IP Address server anda menggunakan aplikasi semacam Putty (windows) atau Terminal (Linux/Mac). Note: Password root (super usernya) akan dikirimkan ke email anda. dan sistem akan secara otomatis meminta anda mengganti password setelah login pertama kali. :)

halaman server

Selamat, servernya udah jadi dan siap digunakan :)

Link Hetzner (+bonus): https://lihat.info/hetzner

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store